Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division dan Model Pembelajaran Inkuiri

Main Article Content

Elvi Syahara Lubis

Abstract

Abstract


This research aims to find out whether the creative thinking abilities of students taught using the STAD Cooperative Learning model are better than those taught using the Inquiry Learning model. This research is quantitative research with a quasi-experimental type of research. The population is all students of class X MIA SMA Muhammadiyah 2 Medan for the 2022/2023 academic year, consisting of 3 classes. This research sample consisted of 2 classes from a total population of 3 classes. The test instrument used to determine students' creative thinking abilities is to use a test in the form of a description. Data analysis was carried out using two-way analysis of variance (ANOVA). The results of these findings show that the creative mathematical thinking abilities of students taught with STAD type cooperative learning are better than students taught with inquiry learning in trigonometry material with a value of Fcount = 4.085 and Ftable = 4.007 where Fcount > Ftable.


Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif; Model Pembelajaran  STAD; Model Pembelajaran Inkuiri.


 


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik dari pada yang diajar dengan model Pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Muhammadiyah 2 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas dari total populasi 3 kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dua jalur, Hasil Temuan ini menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran Inkuiri pada materi trigonometri dengan nilai Fhitung = 4,085 dan Ftabel = 4,007 dimana Fhitung > Ftabel.


Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran  STAD, Model Pembelajaran Inkuiri.

Article Details

How to Cite
Lubis, E. (2024). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division dan Model Pembelajaran Inkuiri. Journal on Education, 6(3), 17039-17044. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5585
Section
Articles

References

Bakar, R., A. (2015). Dasar-Dasar Kependidikan. Medan: Gema Ihsani.
Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Hidayati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Blended Learning, 2(2).
Jaya, I. (2010). Statistik Penelitian Untuk Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis
Katlea, N. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Peningkatan Aktivitasdan Hasil Belajar Pada Materi Pasar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).
Mariatun, I. L., Arisinta, O., & Ali, C. Y. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bangkalan. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, 4(2), 76-83.
Rachmawati, Y dan Euis, K. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Salam, R. (2017). Model pembelajaran inkuiri sosial dalam pembelajaran IPS. HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PkN, 2(1), 7-12.
Samin, M., L. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dan Contextual Teaching Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains, Vol.7, No.02
Siahaan, A. (2016). Strategi Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Almufida Vol. 1, No.1
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT alfabeta.
Sumantri, M., Syarif. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.